Kamis, 13 Mei 2010

Australia Sediakan Bantuan Rp3,8 Triliun Untuk Indonesia (ANTARA)


Siaran pers Kedutaan Besar Australia untuk Indonesia yang diterima ANTARA di Denpasar, Kamis menyebutkan bahwa alokasi itu mencerminkan pentingnya Pemerintah Australia melihat hubungan kemitraan dengan Indonesia.

Duta Besar Australia untuk Indonesia Bill Farmer mengatakan bahwa Australia berkomitmen menjalin kerja sama dengan Indonesia untuk mengurangi kemiskinan dan mencapai kemakmuran, stabilitas dan perdamaian.

Australia akan memenuhi komitmennya untuk menyediakan bantuan hingga 2,5 miliar dolar AS kepada Indonesia selama lima tahun hingga Juni 2013.

"Indonesia tetap merupakan penerima bantuan internasional terbesar dari Australia, termasuk dana hibah melebihi donor bilateral lainnya," katanya.

Menurut dia, komitmen anggaran terbaru Australia adalah mempertahankan fokus kepada hasil pembangunan yang praktis, mendorong pertumbuhan yang lebih cepat untuk mencapai tujuan pembangunan milenium dan perhatian yang lebih besar bagi mereka yang rentan.

Anggaran ini, katanya, meneruskan dukungan Australia di bidang beasiswa, pendidikan, kesehatan, pembangunan pedesaan dan International Forest Carbon Initiative atau Inisiatif Karbon Hutan Internasional.

Meningkatnya program beasiswa Australia akan mengurangi kesenjangan sumber daya manusia dan mendukung hubungan persahabatan antara Australia dan Indonesia.

"Peningkatan dana kesehatan akan membantu Indonesia memperkuat sistem penyediaan layanan kesehatan, dan mengurangi jumlah perempuan yang meninggal pada masa kehamilan dan persalinan, terutama di wilayah Timur Indonesia," katanya.

Pendanaan yang berkelanjutan untuk pembangunan pedesaan akan membantu Indonesia mencapai ketahanan pangan, khususnya di provinsi-provinsi termiskin.

"Di bidang pendidikan, bantuan Australia yang terus berlanjut akan mendukung Indonesia mencapai rencana sistem sekolah yang efektif dan inklusif," katanya.

Australia, katanya, akan terus mendukung manajemen perubahan iklim melalui International Forest Carbon Initiative, bekerja bersama Pemerintah Indonesia untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dari penebangan dan degradasi hutan.
(M026/P004)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut